Bagikan
SOLO, Solotrust.com Putri dari Mangkunegara IX, yakni GRAj (Gusti Raden Ajeng) Ancillasura Marina Sudjiwo didapuk menjadi ikon Festival Payung Indonesia (FPI) 2017, pada 15-17 September 2017 mendatang di Pura Mangkungeran. Bahkan, ia bangga ketika ditunjuk menjadi ikon FPI pada tahun keempat ini.
“Awal mula tak menyangka, namun bangga juga bisa menjadi ikon FPI 2017. Bagi saya, payung merupakan sebuah pusaka nasional yang harus dilestarikan. Mengingat, keberadaan payung sebagai pelindung bagi yang memakainya,” jelasnya saat jumpa pers dengan wartawan, di Prangwedanan Pura Mangkunegaran, Jumat (8/9).
Sementara itu Ketua Panitia FPI 2017 Heru Mataya menambahkan, dengan mengusung tema Sepayung Indonesia, seolah melalui ajang ini mampu merekatkan kembali rasa persatuan dan kesatuan di tengah perbedaan yang ada.
Terlepas dari itu, terkait pemilihan lokasi di Pura Mangkunegaran, ia berharap bagi para pengrajin payung mendapatkan inspirasi lebih, saat membuat payung kreasi atau mempertahankan keberadaan payung tradisi.
“Setidaknya Pura Mangkunegaran, bisa menciptakan sebuah inspirasi dalam karya payung,” harap Heru.
(yant)

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published.